或以希望受 或以恐怖持
有順菩提支 及與清淨戒
Ada yang menerimanya karena pengharapan,
ada yang memegangnya karena ketakutan,
ada yang menjadikannya faktor pengarah Bodhi,
serta ada yang murni moralitasnya.
—— Miśrakābhidharma-hr̥daya 《雜阿毘曇心論》
(T. vol. 28, № 1552 hlm. 933b)
(T. vol. 28, № 1552 hlm. 933b)
※
Dharmatrāta membedakan empat macam moralitas:
Moralitas #1 dan #2 tidak disertaï semangat pertolakan (naiṣkramya) dari saṃsāra sehingga tidak membawa kepada Pembebasan. Moralitas #3-lah yang akan membawa kepada Pembebasan. Moralitas #4 hanya dimiliki oleh para ārya yang telah memasuki Jalan Pembebasan.
- 希望戒者,謂求生天及餘處,故持戒。
Moralitas karena pengharapan adalah demi mencari kelahiran di surga atau tempat lain [yang baik], maka memegang śīla.
- 恐怖戒者,畏自責、畏他責、畏罰、畏惡趣、畏不活、畏惡名,故持戒。
Moralitas karena ketakutan adalah karena takut akan tanggung-jawab sendiri, takut akan tanggung-jawab orang lain, takut akan hukuman, takut akan jalur kelahiran rendah, takut tidak dapat hidup, takut mendapat nama buruk, maka memegang śīla.
- 順覺支戒者,為莊嚴心故,為方便眾具故,求最勝義故持戒。
Moralitas yang menjadi faktor pengarah Bodhi adalah demi memperhias batin, demi menyempurnakan berbagai upaya, demi mencari kebenaran tertinggi (paramārtha), maka memegang śīla.
- 清淨戒者,謂無漏戒,離垢故。
Moralitas yang murni adalah Anāsrava Saṃvara, karena terbebas dari noda.
Moralitas #1 dan #2 tidak disertaï semangat pertolakan (naiṣkramya) dari saṃsāra sehingga tidak membawa kepada Pembebasan. Moralitas #3-lah yang akan membawa kepada Pembebasan. Moralitas #4 hanya dimiliki oleh para ārya yang telah memasuki Jalan Pembebasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar